Agricom.id

IONChain Memastikan Semua Perangkat Aktif




IONChain Memastikan Semua Perangkat Aktif
Sumber: FotoDok. Kabarpangan

01 October 2019 , 06:37 WIB

Agricom.id, JAKARTA - Blockchain membantu perangkat internet of things (IoT) untuk menerapkan keamanan yang mendasari lapisan aplikasi, transfer izin operasional dan pertukaran nilai. IONChain memungkinkan semua perangkat untuk menggali dan memastikan tetap aktif.

Liu Tao selaku pendiri dan CEO IONChain dalam keterangan tertulis yang diterima Agricom.id di Jakarta, Jumat (27/9/2019), mengatakan pihaknya menggunakan sistem file interplanesial untuk menerapkan penyimpanan data IoT terenkripsi terdistribusi dengan sistem yang aman dan terjamin. Penyimpanan dan pemisahan transaksi dapat memenuhi kebutuhan data IoT yang besar. Selain itu, memungkinkan perangkat IoT untuk menambang.

Dikatakan, semua aplikasi dapat digunakan sebagai rantai ionik. IONChain sendiri dapat dikombinasikan dengan ion lain untuk membentuk zat baru. 

“IONChain menjadi rantai yang mendasari, setelah tersambung maka perangkat dapat membentuk aplikasi baru layaknya ion. Semua data IONChain membuktikan konsensus dan memungkinkan semua perangkat untuk menggali dan tetap aktif,” kata Liu.

Dia menjelaskan, internet membutuhkan blockchain untuk peningkatan dan pemutakhiran. Blockchain membantu perangkat IoT untuk meningkatkan keamanan. 

“Menerapkan keamanan yang mendasari lapisan aplikasi. Yang harus dilakukan semua rantai ion adalah menggunakan blockchain untuk menyempurnakan Internet,” tegasnya.

Menurut Liu, saat ini semua perangkat IoT yang ada masih terhubung dengan parbrikan masing-masing. Namun, dengan IONChain, maka semua perangkat terkoneksi satu dengan yang lainnya dan IONchain bertindak sebagai penghubung semua sistem tersebut menjadi platfom. Aplikasi IONChain sebagai mekanisme baru dalam memberi lalu lintas antar vendor dan protokol yang saling berhubungan.

Untuk diketahui, pada protokol lapisan aplikasi, hal yang sangat diperhitungkan karena keamanan IoT jauh lebih besar daripada internet. Di sisi lain, internet juga bebas memberikan berbagai informasi sehingga banyak pencurian data melalui metode phising. Ke depan, berbagai fasilitas akan terhubung dengan internet, maka perlu ditingkatkan keamanannya. Dengan penerapan teknologi blockhain yang berbasis protokol akan memberikan nilai lebih apabila penerapan ini dilakukan untuk IoT. 

Apabila penerapan dari IoT sudah berjalan di semua sisi kehidupan maka berbagai aktivitas akan ditopang dengan menggunakan crypto. Secara umum, berbagai persoalan tersebut sudah dipecahkan oleh rantai ionik. (A2) 

 


TOP