Hari Bumi di Indonesia: Berbagi Cerita Peduli Lingkungan

Hari Bumi di Indonesia: Berbagi Cerita Peduli Lingkungan
Agricom.id

23 April 2021 , 06:44 WIB

Agricom.id, JAKARTA - Delegasi Uni Eropa untuk Indonesia merayakan Hari Bumi di Indonesia (22/4) dengan menggelar talk show virtual bertema “Lindungi Bumi Mulai dari Piringmu”. Kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan kesadaran akan pentingnya menjaga bumi sebagai sumber ketahanan pangan, dan mengurangi dampak negatif ekologis dalam kegiatan sehari-hari.

Duta Besar Uni Eropa untuk Indonesia, Vincent Piket mengatakan, Hari Bumi merupakan kesempatan untuk mengukuhkan komitmen menjaga kelestarian bumi. “Uni Eropa baru-baru ini meluncurkan ‘Kesepakatan Hijau Uni Eropa’ (EU Green Deal) sebagai model pertumbuhan baru dan peta jalan untuk mencapai netralitas iklim di Uni Eropa pada tahun 2050,” katanya dalam webinar yang diikuti Agricom.id, Kamis (22/4/2021).

Selanjutnya, dari release yang diterima redaksi, Vincent menuturkan, salah satu kebijakan Uni Eropa adalah ‘From Farm to Fork’, yang mempromosikan desain sistem pangan yang adil, sehat dan ramah lingkungan. Kebijakan ini juga memperkuat upaya Uni Eropa untuk mengatasi perubahan iklim, melindungi lingkungan dan melestarikan keanekaragaman hayati.

Pembicara Chef Ragil Imam Wibowo dari NUSA Indonesian Gastronomy menyatakan, kebanggaan akan kekayaan bahan baku dan keanekaragaman hidangan dari Sabang hingga Merauke. Sementara Ruri Arimbi dari Co-Owner Patani Organik, menceritakan praktik baik dalam mengembangkan pertanian organik bersama petani di Provinsi Jawa Barat.

Pembicara lainnya pada Virtual talkshow ini, seperti I Wayan Suwarbawa, Mursiati, Sheila Rooswitha, Indra Prasta dan Andrew kalaweit juga menceritakan pengalaman hidupnya menjaga dan melestarikan lingkungan sekitarnya. Sebagai artis penyanyi, Vokalis The Rain, Inra Prasta juga menciptakan lagu bertema lingkungan yang berjudul Today for Our Tomorrow. (T1)


TOP