Ogah Jadi Korban PHP, Peternak Ayam Bentuk Tim Tagih Janji Jokowi


Agricom.id, JAKARTA - Sejumlah peternak ayam mengadakan pertemuan guna menindaklanjuti pertemuan sebelumnya dengan Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Istana Negara.

Hasilnya, para peternak akan membuat tim guna menagih janji Jokowi dalam mengatasi permasalahan yang dialami peternak ayam. Seolah tak ingin menjadi korban PHP alias Pemberi Harapan Palsu, bahasa gaul kalangan milenial.

Ketua Paguyuban Peternak Rakyat Nusantara (PPRN), Alvino Antonio mengatakan, tim kecil yang akan dibentuk oleh kelompok peternak itu akan menindaklanjuti arahan Presiden Jokowi pada pertemuan minggu lalu dengan peternak. “Kami akan menindak lanjuti kepada pemerintah terkait untuk menagih atas arahan Bapak Presiden,” kata Alvino dikutip dari Liputan6.com, Selasa (21/9/2021).

Ada beberapa kementerian dan lembaga yang jadi sasaran tagih janji tersebut, diantaranya Polri, Kementerian Pertanian, Kementerian Perdagangan, dan Kementerian Sosial.

Diketahui, salah satu masalah yang dihadapi para peternak mandiri adalah adanya persaingan yang dinilai tidak berpihak pada peternak mandiri. Pasalnya, para peternak mandiri menilai dengan masuknya perusahaan konglomerasi di pasar tradisional berdampak pada penjualan hasil ternak mandiri.

Senada dengan Alvino, Sekjen Gabungan Organisasi Peternak Ayam Nasional, Sugeng Wahyudi mendesak perlu adanya pemisahan segmentasi pasar bagi peternak mandiri dan perusahaan konglomerasi. “Mendesak agar ada pemisahan pasar. Peternak konglomerasi menjual ayam tidak dalam bentuk ayam hidup. Sedangkan ayam hidup, pasarnya biar diperuntukkan untuk peternak mandiri,” katanya. {A3)

 

 









 

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS.


TOP