Perkuat Literasi Sawit untuk Anak Muda dan Umum, Sawit Fest Diikuti 2.394 peserta

Perkuat Literasi Sawit untuk Anak Muda dan Umum, Sawit Fest Diikuti 2.394 peserta
Agricom.id

25 September 2021 , 06:18 WIB

Agricom.id, JAKARTA - Guna menambah literasi sawit yang lebih baik kepada generasi muda, sekaligus sebagai upaya dalam memberikan keseimbangan informasi tentang kelapa sawit, sebanyak 2.394 peserta lomba baik kategori desain poster, fotographi, penulisan esai dan video kreatif, turut serta dalam kegiatan sawit Fest 2021 dengan jumlah total 3.196 karya.

Kelapa sawit adalah komoditas yang besar dan sangat potensial di Indonesia, namun edukasi soal sawit kepada masyarakat khususnya generasi muda masih sangat diperlukan, terlebih isu yang kerap memojokann kelapa sawit masih saja kerap muncul.

Seiring dengan perkembangan jaman dan kemajuan teknologi, penyampaian informasi yang berguna serta baik dan benar sangat diperlukan oleh masyarakat dalam mengembangkan wawasan khususnya soal sawit. Seab itu, Media InfoSAWIT selaku media segmentasi di sektor perkebunan kelapa sawit berinisiasi mengadakan kegiatan SAWIT FEST 2021, yang didukung oleh Badan Pengelola Dana Perkebunan Kelapa Sawit (BPDP-KS), Bumitama Gunajaya Agro Group, Gabungan Pengusaha Kelapa Sawit Indonesia (GAPKI), Asian Agri Group, PT Austindo Nusantara Jaya Tbk., dan PT Cisadane Sawit Raya Tbk.

Dengan ditetapkannya SAWIT FEST 2021 yang jatuh pada Bulan Agustus 2021 ini, sekaligus pula sebagai rangkaian kegiatan dalam memeriahkan hari kemerdekaan melalui peningkatan semangat generasi muda dalam beraktivitas dan kreatif membangun negara serta karakter bangsa yang positif sehingga menjadi generasi pembangun yang berjiwa Pancasila.

Rangakaian kegiatan yang masih berkaitan dengan HUT RI Ke-76 Tahun di tengah masa pandemi Covid-19 ini, “SAWIT FEST 2021” di harapan mampu pula meningkatkan sebaran literasi sawit pada generasi muda Indonesia dan memperluas edukasi sawit, serta membangkitkan semangat generasi muda yang cerdas dan kreatif membangun bangsa.

Diungkapkan Ketua Pelaksana SAWIT FEST 2021, Iis Islahudin, kegiatan ini ternyata memperoleh sambutan yang luar biasa dari para generasi muda hingga umum. Dari catatan penyelenggara SAWIT FEST 2021, peserta lomba secara total dari keempat kategori yakni, Desain Poster, Fotographi, penulisan Esai dan Video Kreatif mencapai 2.394 peserta dengan penyerahan karya sebanyak 3.196 karya .

Masih dalam catatan penyelenggara, kesertaan lomba tersebut faktanya diikuti seluruh usia baik itu usia Sekolah Dasar hingga tingkat Doctoral serta khalayak umum. Pada kesempatan tersebut, para peserta ternyata tidak juga semua kenal dengan kelapa sawit, lantaran ada pula akibat ikut lomba ini mereka mencari informasi terkait kelapa sawit.

“Lomba ini dilakukan untuk memberikan literasi tentang kelapa sawit, namun dengan cara para peserta mencari informasi tentang sawit dengan caranya sendiri,” katanya saat memberikan laporan hasil lomba yang telah dilakukan, saat acara Sawit Fest Award 2021, dengan tema “Ketangguhan Sawit Menumbuhkan Indonesia”, Kamis (23/9/2021), dihadiri Agricom.id.

Menarik dalam acara ini, banyak kalangan peserta yang mulai paham dengan kelapa sawit, dan mulai mengenal sektor kelapa sawit dengan baik.

Dalam, kesempatan ini juga penilaian lomba dilakukan dengan secara ketat dan melibatkan para praktisi professional dibidangnya, untuk penjurian poster dilakukan oleh Dina Permana dari Asian Agri, Lantas fotographi melibatkan PJ. Leo Redaktur Foto Jakarta Post, penilaian tulisan esai dilakukan oleh Tofan Mahdi selaku Ketua Bidang Komunikasi GAPKI dan Video Kreatif dinilai oleh Kepala Divisi Perusahaan BPDP-KS, Achma Maulizal Sutawijaya.

Penjurian dilakukan dengan sangat hati-hati melalui kriteria penilaian, misalnya untuk fotographi dinilai dengan kriteria kesesuaian tema, kreativitas, komposisi gambar (mutu, teknik, angle), penyampaian makna, jumlah likes dan komen dalam postingan karya.

Lantas untuk desain poster mesti memenuhi kriteria Ide atau gagasan, Kesesuaian tema, kreativitas, kejelasan maksud dan tujuan dari poster tersebut (Komunikatif, informatif, edukatif, dan persuasif), kerapian dan komposisi poster, jumlah likes dan komen dalam postingan karya.

Sementara kriteria peniliaian tulisan esai yakni kesesuaian judul dengan tema, orisinalitas, kreativitas gagasan, konten yang dituliskan, Data dan sumber informasi, terakhir untuk penilaian video kreatif meliputi, kesesuaian ide dengan tema, konsep dan kreativitas, konten video (Informatif, edukatif, komunikatif), alur video kreatif, jumlah like dan komentar.

Diungakapkan Pemimpin Redaksi InfoSAWIT, Ignatius Ery Kurniawan, kelapa sawit disadari menjadi komoditas yang kedepannya akan menjadi salah satu komoditas penopang ekonomi bangsa, sebab itu selama perjalanan media InfoSAWIT selama 15 tahun lamanya -menjadi media segmentasi sawit nasional- tetap mampu memberikan kontribusi bagi pengembangan industri kelapa sawit kedepanya.

Hanya saja kata Ery, tatangan kedepan ada di generasi muda, lantaran generasi ini akan menjadi penentu pengembangan sawit kedepannya, dan selayaknya bisa memberikan estafet kepada generasi muda untuk terus betumbuhnya industri kelapa sawit.

“Kami juga memberikan apersasi kepada seluruh pihak yang sampai saat ini banyak pihak mendukung kelapa sawit dan mewujudkan pendidikan secara kreataif bagi generasi muda,” tandas dia. (A2)


TOP