Wamendag Jerry Sambuaga Siapkan Kolaborasi Indonesia-Mesir di Sektor Minyak Kelapa Sawit

Wamendag Jerry Sambuaga Siapkan Kolaborasi Indonesia-Mesir di Sektor Minyak Kelapa Sawit
Agricom.id

02 May 2024 , 08:37 WIB

Wakil Menteri Perdagangan (Wamendag) Jerry Sambuaga mengunjungi perusahaan pengolahan minyak kelapa sawit Savco di Provinsi Sharqia, Mesir pada Sabtu lalu (27/4). Foto: Kemendag

 

AGRICOM, MESIR – Wakil Menteri Perdagangan (Wamendag) Jerry Sambuaga mengunjungi perusahaan pengolahan minyak kelapa sawit Savco di kawasan industri 10 Ramadan, Provinsi Sharqia, Mesir pada Sabtu lalu (27/4). Turut hadir Presiden Direktur Savco Ammar Aboullaban dan Atase Perdagangan Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Kairo M. Syahran Bhakti S.

Wamendag Jerry mengatakan, pemerintah Indonesia saat ini sedang menyiapkan kolaborasi perdagangan antara Indonesia—Mesir di bidang minyak kelapa sawit. Pada tahun lalu, Savco telah lebih dulu mengunjungi Sinar Mas, salah satu perusahaan minyak kelapa sawit  Indonesia untuk  membahas potensi kerja  sama.  

“Savco  menyampaikan  minatnya menjadi agen Sinar Mas di Mesir dan ingin mengimpor minyak curah Indonesia. Jumlahnya cukup besar, yaitu mencapai 5 ribu ton setiap bulannya untuk dikirim ke Pelabuhan Adabya di Mesir. Terkait dengan hal itu, kami sedang menyiapkan kolaborasi perdagangan dengan Savco,”  ujar Wamendag Jerry dikutip Agricom.id dari laman Kemendag ditulis Kamis (02/05/2024).

BACA JUGA: Kolaborasi Kementan dan BPDPKS: 144 Petani Sawit di Sumsel Ikuti Pelatihan untuk Meningkatkan Kualitas Hasil Panen

Wamendag Jerry melanjutkan, Pemerintah RI menyambut baik ketertarikan Savco untuk berkolaborasi dengan Sinar Mas di bidang minyak kelapa sawit. Kolaborasi ini diharapkan dapat segera terwujud dan perusahaan-perusahaan Mesir di bidang minyak kelapa sawit lainnya dapat ikut bergabung.

“Kolaborasi ini merupakan langkah maju untuk Indonesia—Mesir. Pemerintah Indonesia di Mesir akan segera memfasilitasi kolaborasi antara Savco dengan salah satu produsen minyak kelapa sawit terbesar di Indonesia tersebut,” imbuh Wamendag Jerry.

Menurut Wamendag Jerry, ekspor terbesar untuk komoditas minyak kelapa sawit ke Mesir merupakan produk hasil rafinasi dan fraksinasi (Refined, Bleached, and Deodorized/RBD). RBD adalah minyak kelapa mentah yang telah dimurnikan, diputihkan, dan dihilangkan baunya. RBD diproses dengan tekanan tinggi dan memiliki rasa hambar. RBD memberikan kontribusi sebesar 31 persen dari total nilai ekspor Indonesia ke Mesir. Nilai ekspor RBD ke Mesir mencapi USD 1,31 miliar. (A3)

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS.


TOP