AGRICOM, JAKARTA - Untuk peningkatan daya saing, desain merek atau logo dan kemasan produk menjadi salah satu aspek penting pelaku industri kecil dan menengah (IKM), selain memaksimalkan kualitas produk yang dihasilkan seperti standardisasi produk, jaminan higienitas produk, hingga konsistensi kualitas produk menjadi aspek yang harus diperhatikan.
Direktorat Jenderal Industri Kecil, Menengah, dan Aneka (IKMA) Kementerian Perindustrian (Kemenperin) secara konsisten memberikan fasilitasi desain merek dan kemasan produk IKM melalui Klinik Desain Merek dan Kemas.
Direktur Jenderal IKMA Reni Yanita menyampaikan, bahwa dalam rangka memberikan solusi bagi IKM dalam penguatan mutu kemasan produk, pihaknya telah membentuk Klinik Desain Merek dan Kemasan (KDMK) pada tahun 2003.
BACA JUGA: Tingkatkan Daya Saing, Kemenperin Pacu IKM Penuhi Standar Mutu dan Keamanan Pangan
“Klinik KDMK bertujuan untuk membantu IKM dalam pemilihan bahan kemasan yang sesuai dengan produknya, pemilihan teknologi kemasan, pembuatan desain kemasan, pembuatan label kemasan sesuai peraturan yang berlaku dan memfasilitasi bantuan cetak kemasan,” ungkap Reni dalam keterangan yang diterima Agricom.id, ditulis Sabtu (24/7).
Reni juga menegaskan pentingnya desain merek dan kemasan yang menarik sesuai segmen pasar, serta memenuhi standar yang berlaku. “Setiap segmen pasar produk IKM tentunya memiliki perbedaan selera maupun gaya desain yang mencerminkan image dari produk yang dihasilkan,” tutur Reni.
Sebagai contoh, produk dengan segmen pasar menengah atas harus memiliki desain logo dan kemasan yang elegan sehingga dapat mencerminkan kualitas produk yang premium dan memiliki nilai jual tinggi.
Reni mengemukakan bahwa IKM memerlukan bantuan dari para desainer dalam menentukan konsep desain merek dan kemasan yang sesuai dengan kebutuhan pasarnya. Desainer dapat melihat secara detail baik dari sisi fungsi kemasan, estetika bentuk, kesesuaian konsep logo, hingga pemilihan warna yang sesuai dengan komoditas produk tersebut.
“Diharapkan nantinya pelaku IKM dapat turut belajar dan mendapatkan wawasan tentang desain merek dan kemasan yang dapat diterapkan di masa mendatang dan dapat disebarkan kepada para pelaku IKM lainnya,” ungkapnya.
BACA JUGA: Stakeholder Kelapa Bahas Manfaat Ekonomi Berkelanjutan, Inklusif, dan Hijau di COCOTECH ke-51
Selama ini, Ditjen IKMA rutin menggelar Workshop Desain Merek dan Kemasan, termasuk yang telah digelar di Kabupaten Pangandaran pada 17 - 18 Juli 2024. Kegiatan ini diikuti 30 pelaku IKM pangan yang telah memenuhi persyaratan.
Kegiatan workshop tersebut diisi dengan berbagai materi yang disampaikan oleh Tenaga Ahli dan Desainer dari Klinik Desain Merek Kemas Ditjen IKMA. Acara ini juga merupakan hasil kolaborasi antara Ditjen IKMA dengan Dinas Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah, Perdagangan dan Perindustrian Kabupaten Pangandaran.
“Para IKM nantinya akan mendapatkan fasilitasi desain merek dan kemasan agar semakin memiliki daya saing dan daya jual yang tinggi di pasar,” imbuh Reni.
Sementara Direktur IKM Pangan, Furnitur dan Bahan Bangunan, Yedi Sabaryadi menuturkan, kegiatan workshop yang diselenggarakan itu selain diisi dengan materi pengetahuan tentang kemasan yang baik serta aspek penting lainnya seperti kekayaan intelektual khususnya merek, juga diisi dengan sosialisasi platform e-Klinik Desain Merek dan Kemasan (e-KDMK) yang dimiliki oleh Ditjen IKMA.
BACA JUGA: Sempat Naik, Harga Karet Turun Rp 172/kg di Akhir Pekan (26/07)
Yedi menambahkan, pada tahun 2023, KDMK Ditjen IKMA telah memfasilitasi sebanyak 209 IKM dengan rincian desain yang dihasilkan sebanyak 409 desain kemasan, 299 desain merek, serta pemberian bantuan cetak kepada 95 IKM. Pelaku IKM dapat mengakses platform e-KDMK melalui laman e-klinikdesainmerekemas.kemenperin.go.id untuk mendapatkan fasilitasi desain merek dan kemasan.
“Pelaku IKM juga dapat mengunduh aplikasi e-KDMK dengan kata kunci “e-Kemasan IKM” pada platform Google Playstore khusus pengguna smartphone android,” tandasnya.
Dalam platform e-KDMK, selain pelaku IKM dapat mengajukan fasilitasi desain secara online, juga terdapat direktori terkait data rumah kemasan yang tersebar di seluruh Indonesia lengkap dengan alamat dan nomor telepon yang dapat dihubungi. “Kami juga mencantumkan data mitra produsen kemasan sehingga para pelaku IKM yang telah terfasilitasi desain kemasannya, dapat memperoleh akses ke vendor produsen kemasan yang berkualitas dan memiliki harga terjangkau,” pungkas Yedi. (A3)