AGRICOM, JAKARTA – PT Austindo Nusantara Jaya Tbk (ANJ) kembali mencatat prestasi dalam memperjuangkan keberlanjutan dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Pada ajang Steward Leadership 25 (SL25) tahun 2024 yang berlangsung di Singapura pada 23 Oktober 2024, ANJ dinobatkan sebagai salah satu dari 25 perusahaan dengan program keberlanjutan terbaik di kawasan Asia-Pasifik. Penghargaan ini diberikan untuk program inovatif ANJ dalam mendirikan koperasi simpan di Papua Barat Daya, yang berfokus pada peningkatan kemandirian ekonomi dan kesejahteraan masyarakat setempat.
Ajang SL25 merupakan kolaborasi antara Stewardship Asia Centre, INSEAD Hoffmann Global Institute for Business and Society, WTW, dan The Straits Times. Penghargaan tahunan ini menyoroti perusahaan-perusahaan di Asia-Pasifik yang telah menunjukkan komitmen kuat terhadap keberlanjutan melalui pendekatan inovatif dan integratif yang berdampak nyata. Para pemenang SL25 dipilih karena telah membuktikan bahwa bisnis yang berkelanjutan tidak hanya menguntungkan lingkungan tetapi juga dapat meningkatkan kualitas hidup masyarakat.
Pengakuan ini menegaskan upaya ANJ dalam mendorong pertumbuhan bisnis yang bertanggung jawab dengan tetap berfokus pada pelestarian lingkungan dan pemberdayaan sosial. Melalui berbagai inisiatif yang dirancang untuk memberikan manfaat jangka panjang bagi masyarakat sekitar, ANJ terus berperan sebagai pionir dalam menciptakan masa depan yang lebih baik dan berkelanjutan di Indonesia dan kawasan Asia-Pasifik.
BACA JUGA:
- Diskusi Keberlanjutan Biodiesel: Kementan Genjot Produktivitas Perkebunan Sawit Rakyat
- Diskusi Keberlanjutan Biodiesel: Kemitraan Petani dan Perusahaan Biodiesel Masih Jauh dari Harapan
Rajeev Peshawaria, Chief Executive Officer of Stewardship Asia Centre dalam acara Steward Leadership Summit mengatakan, “Kami merasa terdorong melihat SL25 mendapatkan perhatian di seluruh Asia Pasifik dan sekitarnya dengan pengajuan berbagai program yang semakin berkualitas. Perubahan transformasional membutuhkan lebih dari sekadar aturan, insentif, dan pelaporan. Hal ini membutuhkan kepemimpinan yang mencerminkan keinginan dan ketekunan yang tulus untuk menciptakan masa depan yang lebih baik secara kolektif bagi para pemangku kepentingan, masyarakat, generasi mendatang, dan lingkungan. Kami berharap 25 proyek ini akan menginspirasi banyak pihak di seluruh dunia,” ujar Rajeev, dari informasi yang Agricom.id terima pada Jumat, 25 Oktober 2024.
Nunik Maharani Maulana, Direktur Keberlanjutan dan Komunikasi Perusahaan Grup ANJ, mengatakan bahwa pada SL25 tahun ini ANJ mengusung tema “Building a self-reliant community through savings cooperatives” (Membangun masyarakat mandiri melalui Koperasi Simpan). Koperasi Simpan diciptakan karena fasilitas perbankan sulit diakses oleh masyarakat kabupaten Sorong Selatan dan Maybrat, tempat anak perusahaan ANJ beroperasi.
“Menyadari tantangan tersebut, pada 2018 kami meluncurkan Koperasi Simpan di lingkungan anak perusahaan yang berada di Papua Barat Daya, yaitu PT Putera Manunggal Perkasa (PMP) dan PT Permata Putera Mandiri (PPM). Tidak hanya kesenjangan akses teratasi, perusahaan pun turut memberdayakan karyawan dan masyarakat lokal melalui perubahan perilaku dan penyediaan layanan dasar sehari-hari,” ujar Nunik.
Lebih lanjut Nunik mengungkapkan, sejak didirikan pada 2018, Koperasi Simpan telah berkembang dan tidak hanya menyediakan layanan keuangan, tetapi juga membuka Toko Serba Ada (Toserba) di PMP dan PPM. Toserba ini membantu menurunkan pengeluaran masyarakat untuk pemenuhan kebutuhan sehari-hari dengan harga barang yang wajar, yang lebih murah dibandingkan sebelum ada Toserba.
“Dalam banyak hal, Koperasi Simpan merupakan agen perubahan dalam keberlanjutan. Program ini salah satu perwujudan visi dan misi ANJ untuk menjadi perusahaan yang meningkatkan kualitas kehidupan manusia dan alam,” pungkas Nunik.
Selain itu, pada Kamis (24/10) ANJ juga menerima penghargaan CSR Awards 2024 untuk kategori Integrity & Transparency In Impact Award dari Investortrust dan BGK (Bumi Global Karbon). Penghargaan ini menjadi pengakuan atas integritas dan transparansi perusahaan dalam menjalankan program-program sosial yang berkelanjutan, sekaligus memperkuat komitmen perusahaan untuk menciptakan dampak positif bagi masyarakat dan lingkungan yang selaras dengan visi perusahaan. (A3)