Jakarta Tea Buyers Association, Optimis Masa Depan Teh Indonesia Masih Cerah

Jakarta Tea Buyers Association, Optimis Masa Depan Teh Indonesia Masih Cerah
Agricom.id

01 November 2021 , 06:54 WIB

InfoSAWIT, JAKARTA - Jakarta Tea Buyers Association (JTBA) optimis bahwa masa depan teh Indonesia masih cukup cerah, walaupun banyak tantangan hari ini dan ke depan. Tantangan paling besar saat ini yang dihadapi adalah masalah shipping, yaitu mahalnya freight cost.

Pasar tradisional ekspor teh Indonesia seperti Eropa, Amerika, Pakistan dan Malaysia masih sangat potensial saat ini, di samping itu pasar Timur Tengah seperti Iran, Iraq, Jordania dan Mesir juga dapat dikembangkan kembali.

Tiga syarat utama untuk dapat kembali meningkatkan pasar ekspor teh Indonesia adalah: (1) Peningkatan mutu produk dan konsistensi; (2) Perbaikan sistem pemasaran yang pasti, transparan, cepat, responsif pada situasi permintaan pasar; (3) konsitensi dan prediktibilitas kuantitas teh yang ditawarkan yang akan memudahkan pembeli menyusun rencana pembelian.

Jakarta Tea Buyers Association (JTBA) berapresiasi inisiatif revitalisasi teh Indonesia yang diprakasai PTPN dan berkomitmen untuk meningkatkan pembelian teh PTPN tahun 2022 dengan harga yang memenuhi harapan PTPN.

Negara tujuan utama ekspor teh PTPN adalah Malaysia, USA, Pakistan, Polandia, UK dan Jerman yang menyerap 75% dari total ekspor PTPN. Sedangkan potensial peningkatan ekspor teh PTPN ditujukan untuk: pasar Asia (50%), Eropa (30%), America (13%) dan Australia (7%). 

Diperlukan adanya strategi ‘selected export market’ sebagai dampak dari pandemi Covid-19 dan krisis global yang belum pulih yang mengakibatkan peningkatan biaya pengapalan (freight cost); menurunnya harga jual teh global yang menyebabkan menurunnya daya saing teh Indonesia di beberapa negara tujuan ekspor.

Berdasarkan analisis ‘tea market attractiveness’ yang mempertimbangkan tingkat konsumsi teh per kapita dan tingkat pertumbuhan ekonomi yang berdampak pada tingkat konsumsi teh, maka target nagara tujuan ekspor teh Indonesia yang dapat ditingkatkan adalah negara: Malaysia, USA, Pakistan, China, Eropa dan Australia.

Komitmen produsen teh untuk meningkatkan customer satisfaction meliputi: (1) KUALITAS PRODUK (pemenuhan persyaratan mutu sesuai permintaan pasar, operational excellent program pada on farm dan off farm, pilot project kebun Malabar (PTPN 8) dan Wonosari (PTPN 12)); (2) COMPLIANCES (Anthraquinone content PTPN 4 telah memenuhi standar, implementasi ISO 22000 di PTPN 4 , sertifikasi FDA di PTPN 6, pemenuhan persyaratan GACC untuk pasar China, penerapan herbisida dosis rendah (low dose herbicide) untuk menjawab isu residu glyposate; (3) SERVICES (peningkatan customer sariafaction, penetapan Manajer Ad Hoc Customer Satisfaction (ACS), penetapan fixed price pada long term contract, fasilitas blending, peningkatan kompetensi SDM dan IT support). (A2)


TOP