Dana PSR Telah Tersalurkan Rp 6,34 Triliun Hingga Oktober 2021

 Dana PSR Telah Tersalurkan Rp 6,34 Triliun Hingga Oktober 2021
Dok. Agricom

10 December 2021 , 06:57 WIB

Agricom.id, JAKARTA – saat ini fokus pemerintah dalam program pengembangan industri sawit dalam negeri meliputi dari sektor hulu, yakni Program Peremajaan Sawit Rakyat (PSR), dukungan sara dan prasarana, serta program pengembangan SDM.

Beragam program itu pada akhirnya akan bermuara pada satu tujuan yakni guna meningkatkan kesejahteraan petani sawit, dan pengelolaan perkebunan sawit rakyat sesuai kaidah good agricultural practices (GAP), selain memenuhi kriteria layak lingkungan.

“Dampak untuk petani sawit swadaya berupa efisiensi biaya usaha berkebun sawit rakyat, serta harga jual TBS Sawit yang optimum, “ kata Plt. Direktur Kemitraan BPDPKSEdi Wibowo, dalam acara FGD SAWIT BERKELANJUTAN VOL 11, bertajuk “Minyak Sawit Sebagai Minyak Nabati Berkelanjutan Terbesar Dunia”, yang diadakan media InfoSAWIT, Kamis (9/12/2021) secara online.

Lebih lanjut kata dia, sampai Oktober 2021 jumlah pekebun sawit yang terlibat dalam PSR mencapai 102.209 petani, dengan luas lahan sekiar 234.392 ha, serta dana yang telah tersalurkan sejumlah Rp 6,34 triliun.

Tutur Edy, manfaat dari program ini meliputi tiga hal yakni, pertama meningkatkan produktivitas kebun kelapa sawit rakyat, kedua, menerapkan praktik kebun terbaik (GAP), serta memperbaiki tata ruang perkebunan rakyat. (T2)


TOP