RSPO - USAID SEGAR Adakan Pelatihan Remediation and Compensation Procedure 

RSPO - USAID SEGAR Adakan Pelatihan Remediation and Compensation Procedure 
Agricom.id

07 November 2022 , 13:02 WIB

Agricom.id, JAKARTA – Lembaga nirlaba multistakeholder Roundtable on Sustainable Palm Oil (RSPO) bekerja sama dengan program dari Badan Pembangunan Internasional Amerika Serikat (USAID), yaitu Sustainable Environmental Governance Across Regions (SEGAR), menyelenggarakan pelatihan tentang Prosedur Remediasi dan Kompensasi (Remediation and Compensation Procedure – RaCP) bagi perusahaan-perusahaan anggota RSPO dan tim USAID SEGAR.

RaCP adalah prosedur wajib yang harus dipenuhi oleh perusahaan anggota RSPO untuk menangani pembukaan lahan dan pengembangan perkebunan yang dilakukan sejak November 2005 tanpa mempertimbangkan dan melakukan penilaian Nilai Konservasi Tinggi (NKT) sebelumnya. Mekanisme RaCP dipandang sebagai landasan yang bagus untuk memungkinkan perusahaan menangani konservasi dan tanggung jawab sosialnya dengan cara yang positif, terukur dan berkelanjutan. Pelatihan RaCP ini dilakukan di Jakarta selama tiga hari, yaitu tanggal 1-3 November 2022.

Pelatihan ini merupakan salah satu implementasi dari nota kesepahaman yang ditandatangani oleh RSPO dan USAID SEGAR pada Agustus 2022 yang lalu, untuk mendukung perbaikan pada rantai produksi komoditas kelapa sawit yang lebih berkelanjutan. Kerja sama ini menargetkan peningkatan jumlah petani swadaya yang tersertifikasi dan juga peningkatan jumlah perusahaan yang mampu mengelola program konservasi mereka melalui skema RaCP.

“Terkait dengan RaCP, masih terdapat kendala yang dihadapi perusahaan anggota RSPO, di antaranya kurangnya pengetahuan dan kapasitas perusahaan dalam menyediakan dokumen-dokumen yang dapat memenuhi kriteria RaCP, sehingga berdampak pada proses pengkajian dan persetujuan yang memakan waktu cukup lama. Pelatihan ini dirancang untuk meningkatkan pemahaman dan kapasitas perusahaan anggota RSPO dan Tim USAID SEGAR dalam menyiapkan dokumen-dokumen tersebut, sehingga dapat mempercepat proses persetujuan dari RSPO” ungkap Direktur Assurance RSPO, Tiur Rumondang, dalam keterangan resmi diterima Agricom.id, Minggu (6/11/2022). (A1)

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS.


TOP